Hanya sekadar berbagi pengetahuan

23/08/2008

Gelar Sarjana

Filed under: IPTEK,serba-serbi — finunu @ 10:33
Tags: ,

Gelar sarjana di Indonesia

Di Indonesia, gelar sarjana diatur oleh senat perguruan tinggi dan ditulis di belakang nama

yang berhak dengan mencantumkan huruf S diikuti inisial bidang studi.

Gelar sarjana yang ada di Indonesia antara lain

* Sarjana Arsitektur (S.Ars.)

* Sarjana Agama (S.Ag.)

* Sarjana Ekonomi (S.E.)

* Sarjana Farmasi (S.Farm.)

* Sarjana Filsafat (S.Fil.)

* Sarjana Hukum (S.H.)

* Sarjana Hukum Islam (S.H.I.)

* Sarjana Humaniora (S.Hum.)

* Sarjana Ilmu Alam – Fisika, Biologi, Kimia, Matematika (S.Si.)

* Sarjana Ilmu Komputer (S.Komp)

* Sarjana Ilmu Politik (S.IP)

* Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (S.Sos.)

* Sarjana Kedokteran (S.Ked.)

* Sarjana Kehutanan (S.Hut.)

* Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG.)

* Sarjana Ilmu Kedokteran Hewan (S.KH)

* Sarjana Keperawatan (S.Kep.)

* Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M.)

* Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

* Sarjana Psikologi (S.Psi.)

* Sarjana Sains (S.Si.)

* Sarjana Sains Terapan (S.ST.)

* Sarjana Sosial (S.Sos.)

* Sarjana Sastra (S.S.)

* Sarjana Seni (S.Sn.)

*Sarjana Desain (S.ds)

* Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.)

* Sarjana Teknik (S.T.)

* Sarjana Theologi (S.Th.)

* Sarjana Pertanian (S.P.)

* Sarjana Peternakan (S.Pt.)

* Sarjana Perikanan (S.Pi.)

Gelar magister di Indonesia

Di Indonesia, gelar magister diatur oleh senat perguruan tinggi dan ditulis di belakang nama yang berhak dengan mencantumkan huruf M diikuti inisial bidang studi. Gelar magister yang ada di Indonesia antara lain:

• Magister Administrasi Rumah Sakit (M.A.R.S.)

• Magister Akuntansi (M.Ak.)

• Magister Arsitektur (M.Ars.)

• Magister Biomedik (M.Biomed.)

• Magister Ekonomi (M.E.)

• Magister Epidemiologi (M.Epid.)

• Magister Hukum (MH.)

• Magister Humaniora (M.Hum.)

• Magister Ilmu Gizi (M.Gizi)

• Magister Ilmu Komputer (M.Kom.)

• Magister Kedokteran Kerja (M.K.K.)

• Magister Kenotariatan (M.Kn.)

• Magister Keperawatan (M.Kep.)

• Magister Kesehatan (M.Kes.)

• Magister Kesehatan Masyarakat (M.K.M)

• Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (M.K.K.K)

• Magister Manajemen (MM)

• Magister Sains (M.Si.)

• Magister Sains Akuntansi (M.S.Ak.)

• Magister Sains Ekonomi (M.S.E.)

• Magister Sains Manajemen (M.S.M.)

• Magister Teknik (MT)

• Magister Teknologi Informasi (MTI)

Gelar doktor di Indonesia

iklan batik mega mendungDoktor (dalam Bahasa Inggris Doctor) adalah gelar akademik tingkat tertinggi yang diberikan kepada lulusan program pendidikan doktor (S3) atau postgraduate. Biasanya, pemberian gelar doktor membutuhkan pengakuan terhadap kandidat oleh dewan pengajar di universitas tempat dia belajar bahwa ia telah mencapai tingkat yang setara dengan para anggota dewan itu

Di Indonesia, gelar doktor ditulis di depan nama yang berhak dengan mencantumkan singkatan Dr

Kehormatan (Honoris causa)

Doktor kehormatan diberikan untuk penyumbangan besar bagi suatu bidang tertentu tetapi tidak harus bersifat akademik. Di Britania Raya, Australia, dan beberapa negara Persemakmuran, dibuat pembedaan antara doktor riset menjadi doktor junior (biasanya diberikan setelah menyelesaikan pelajaran dan riset pasca-sarajana antara 3-5 tahun dan penulisan tesis), dan doktor tinggi yang diberikan atas dasar riset luar biasa selama kurang lebih 10 tahun, yang dinilai melalui penelitian terhadap hasil publikasinya. Gelar doktor tinggi ini juga digunakan sebagai doktor kehormatan, namun apabila diberikan atas dasar penelitian akademik maka sifatnya bukan kehormatan.

http://id.wikipedia.org/

********************************

Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

Mengenang lagu-lagu nasional

Download Lagu-Lagu Scorpions

7 Artis Indonesia yang beralih keyakinan

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Download Diner Dash full

BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU

Perbedaan batik tulis, batik cap dan batik printing

7 kegunaan kertas koran bekas

7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Foto Earth Hour dari berbagai belahan dunia

Batik Fraktal Indonesia Pun Diincar Malaysia

Foto – foto cantik Sasha Grey

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

About these ads

38 Comments »

  1. Thank’s bro…, tambah lagi pencerahan.

    Comment by Andi Syaifullah — 01/01/2010 @ 5:03 | Reply

  2. kalau SSTMK D4 apa ya artinya???

    Comment by orie — 11/03/2010 @ 8:42 | Reply

  3. Sedikit nambahin :
    S.STP = Sarjana Sekolah Tinggi Pemerintahan (D4 lulusan STPDN/IPDN)
    S.ST = Sarjana Sains Terapan (D4 lulusan STIS)
    S.IK = Sarjana Ilmu Kepolisian (udah jelas ini mah dari mana)
    S.In = Sarjana Intelijen (D4 lulusan STIN)
    S.AB = Sarjana Administrasi Bisnis
    S.AN = Sarjana Administrasi Negara

    Comment by Yudian — 21/03/2010 @ 12:19 | Reply

    • maaf bro sekedar koreksi yang benar untuk S.STP = Sarjana Saint Terapan Pemerintahan

      Comment by anton — 16/10/2013 @ 12:32 | Reply

      • maksih koreksinya

        Comment by finunu — 01/11/2013 @ 20:47

  4. mo nanya nih,
    – bedanya MH. dengan M.Hum. apa ya?
    – manakah yang benar:
    Arie Yudian, S.H.M.Hum (tanpa koma pada gelar rangkap)
    Arie Yudian, S.H.,M.Hum? (dengan koma pada gelar rangkap)
    mohon pencerahan.. :-)

    Comment by budy — 24/03/2010 @ 18:18 | Reply

    • - bedanya M.H. dgn M.Hum. ialah

      1. M.H. : Magister Hukum
      2. M.Hum. : Magister Humaniora

      – yg benar : Arie Yudiab, S.H., M.Hum.

      Comment by ahli gelar — 31/10/2010 @ 17:25 | Reply

  5. mau tanya kalau jurusan ilmu sejarah, gelarnya apa?

    Comment by jennifer — 06/05/2010 @ 14:17 | Reply

  6. thanks bro dah kasi info na.. moga bermanfaat wat yg laen jga

    Comment by ezar — 07/05/2010 @ 0:37 | Reply

  7. Mau tanya kalau sarjana administrasi, gelarnya apa ?
    Makasih.

    Comment by kasjmir — 04/10/2010 @ 9:32 | Reply

  8. mo nanya klo diploma 3 jurusan bahasa inggris ada ga ya dan udah ada dpt gelar blm

    Comment by kristin — 10/12/2010 @ 17:06 | Reply

  9. Apa bedanya MM.Pd dan M.Pd .
    Gelar MM.Pd ada nggak Yah? Apakah berlaku?

    Comment by ediahmadf — 10/04/2011 @ 9:19 | Reply

    • apa ada ga gelar M.M.Pd. untuk S2 gimana mendapat pengakuan ga dari pemerintah solusi jawabannnya yang lelas ….saya tunggu..agus di kota sukabumi jawa barat

      Comment by agus saepulloh, S.Pd.,M.M.Pd. — 08/05/2011 @ 2:17 | Reply

  10. Thanks ya Gan

    Comment by bolmer — 16/05/2011 @ 9:14 | Reply

  11. Penulisan Sarjana Hukum Islam yang bener S.HI. atau SH.I karena di ijazah saya penulisannya SH.I. Thanks infonya

    Comment by yeni — 06/09/2011 @ 12:54 | Reply

  12. magister pendidikan itu singktan nya ap ?

    Comment by ika madina karbi — 12/10/2011 @ 5:26 | Reply

  13. gan sarjana komputer itu bukan S.Komp tapi S.Kom.

    Comment by rahega — 25/10/2011 @ 7:51 | Reply

    • terimakasih koreksinya, sudah kami perbaiki

      Comment by finunu — 26/10/2011 @ 8:54 | Reply

  14. aku dari sarjana ekonomi akuntansi.harus pakai apa ya?S.E or S.Ak?mhon pencerahan

    Comment by fitri — 02/11/2011 @ 15:20 | Reply

  15. untuk kelar S.ST masih belum di mengerti banyak perusahaan perusahaan besar,sebab kami kemarin melamar pekerjaan di perusahaan besar
    yang memerlukan pekerjaan level S1 atau ST atau Enginering Thenik dan kami kebetulan lulus dengan titel sarjana saint terapan itu ditolak oleh perusahaan tersebut alasan penolakan tidak sesuai dengan kritiria yang diperlukan ST bukan SST katanya lagi beda kurikulum.

    makanya pemeintah / badan yang bekompeten dalam hal tersebut /diknas atau yang lain bisa meluruskan presepsi tersebut,pada hal ada undang undang nya tentang persamaan gelar tersebut. kasihan kami lulusan D4 (SST) jadi serba tanggung melamar D3 rugi/tidak sesuai melamar S1 tidak sesuai ………….mohon komentarnya

    Comment by hangga gery annafian — 08/11/2011 @ 19:47 | Reply

  16. Drs thu lulusan apa ya kak..?

    Comment by all fhadillah — 20/12/2011 @ 13:10 | Reply

  17. ada info sy dengr, katanya klo sarjana S.Sos terus ambil S2 dgn gelar M.Si. katanya tdk perlu lagi ditulis S.Sos langsung saja katanya M.Si sj, bgmn… apa benar atau tidak…..

    Comment by Bustamin — 31/01/2012 @ 9:53 | Reply

  18. mf kalo gelar BSc itu gelar untuk lulusan bidang p??

    Comment by krisna — 24/02/2012 @ 18:01 | Reply

  19. Sarjana Hukum Islam YANG BENAR S.H.I. BUKAN S.HI.

    Comment by hendronline — 19/04/2012 @ 9:12 | Reply

    • terima kasih koreksinya pak

      Comment by finunu — 20/04/2012 @ 7:35 | Reply

  20. untuk lulusan sekolah tinggi ekspor impor gelarnya apa bossssssssssss…????

    Comment by are — 26/04/2012 @ 18:15 | Reply

  21. Kalau Sp.N apa tu kpanjanganny?

    Comment by kristiyana — 31/05/2012 @ 9:39 | Reply

  22. Mau tanya kalau Sarjana Teknik Komputer memang ada kh gelarnya, Setau Saya hanya S.Kom aja trus klo sarjana teknik komputer apa dong gelarnya …..!

    Comment by Chnk Bp Faqih — 06/06/2012 @ 13:54 | Reply

  23. mau tanya kalo untuk manajemen perhotelan luar negri gelarnya apa ya? itu s1 atau d4? dari diploma bisa lanjutin ke univ jd s1 gt ?
    mohon bantuannya

    Comment by nay — 18/06/2012 @ 9:08 | Reply

  24. pa bedanya M kes dengan M.kes pakai titik ???

    Comment by fitriana anha — 25/06/2012 @ 10:04 | Reply

  25. gelar AMG itu apa yach?

    Comment by rowena — 27/07/2012 @ 16:59 | Reply

  26. Saya mau tanya, bagaimanakah penulisan gelar bagi seorang S.Pd yang kemudian kuliah lagi, lulus S-2 dan mendapat gelar M.Pd (Magister Pendidikan,… bukan Magister Manajemen Pendidikan).
    Apakah menjadi (misalnya) Agus, S.Pd., M.Pd. atau cukup Agus, M.Pd. saja. Terima kasih.

    Comment by Rico — 02/11/2012 @ 16:41 | Reply

  27. Cuman mau koreksi yang sarjana seni.. bukan S.Sen, tapi S.Sn..
    Sekarang nambah lagi ada sarjana desain = atau sama dengan S.ds

    Comment by Hadah Muallimah — 18/02/2013 @ 23:23 | Reply

    • terima kasih koreksinya

      Comment by finunu — 09/03/2013 @ 21:45 | Reply

  28. trus kalo perhotelan gelar ny ap ya

    Comment by adam — 10/03/2013 @ 12:20 | Reply

  29. klo menempuh S2 menejemen teknologi dan inforamsi……ntar gelarnya apa yo…????? mohon infonya

    Comment by samhadi — 25/03/2013 @ 9:29 | Reply

  30. Spesialisasi Notrait dan Pertanahan (Sp.N)

    Comment by Anita — 05/06/2013 @ 11:17 | Reply

  31. thx….. ini sangat membantu :)

    Comment by yoga — 22/09/2013 @ 12:34 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: