Hanya sekadar berbagi pengetahuan

28/04/2011

Batik Kahuripan, motif batik dari Purwakarta

Batik khas Purwakarta memiliki motif tersendiri tidak seperti daerah lainnya. Batik Purwakarta dikenal dengan sebutan Batik Kahuripan. Dimana dalam motif batik tersebut sangat memiliki makna yang sangat besar dalam roda pembangunan Kabupaten Purwakarta yang berkarakter. Ketetapan Batik Purwakarta yang memiliki tujuh makna, tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No 33 tahun 2009 yang ditandatangani oleh Bupati H Dedi Mulyadi pada tanggal 22 Juli 2009

Tujuh makna

MAKNA yang tersirat dalam motif batik Purwakarta. yaitu berwarna dasar hitam dengan motif warna kuning emas. Bergambar dua pilar atau yang dikenal di tataran Sunda dengan sebutan Gerbang Indung Rahayu yang melambangkan Dua Kalimah Syahadat yang bermakna Hakekat dan Syariat.

Makna yang ketiga, dalam motif batik Purwakarta, yaitu alap yang tinggi atau disebut Suhunan Julang Ngapak yang melambangkan perlindungan dan mengayomi seluruh warga Kabupaten Purwakarta. Makna keempat, yaitu Uga lekukan yang memiliki makna Iman, Islam dan Ikhsan.

Makna yang kelima, dalam motif batik Purwakarta yaitu Kujang, merupakan kepintaran (wibawa) yang juga merupakan senjata dan simbol di tataran Pasundan. Sedangkan makna keenam, yaitu motif bunga Melati, melambangkan kesucian dan keharuman dan makna ketujuh, dasar hitam dengan garis yang melewati dua pilar di bawah melambangkan jalan yang mulus, air mengalir, dan subur makmur.

Tujuh makna yang ada dalam motif batik Purwakarta tersebut, semuanya menggambarkan makna Kesun-daan dengan nilai-nilai luhur dan langkah operasional yang dirangkum dalam visi dan misi Purwakarta serta sembilan langkah dalam membangun negeri yang sejahtera menuju Digjaya Purwakarta. Lomba batik

BATIK khas Kabupaten Purwakarta, awalnya muncul bukan dari adanya lomba mencari ciri khas batik untuk pegawai negeri (PNS) di Purwakarta yang diikuti oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD)-yang ada di Kota Simping Ini.

Dari batik-batik yang diperlombakan tersebut. Dinas Perikanan dan Peternakan mencoba menciptakan motif batik yang diselaraskan dengan “Purwakarta Berkarakter” yang sekarang dikenal dengan sebutan Batik Kahuripan yang waktu itu keluar sebagai pemenang dalam lomba batik tingkat kabupaten.

Tidak hanya Batik Kahuripan saja, di Kabupaten Purwakarta juga akan ada motif-motif batik lain ciri khas Purwakarta seperti motif buah Manggis yang menjadi buah unggulan, pohon Jamuju. dan juga batik bermotif ikan Balidra dimana ikan tersebut merupakan ciri khas Ikan Purwakarta.

http://bataviase.co.id/node/182911

=====================================
artikel lainnya
Motif batik cirebon
Sejarah Cirebon
Batik
Sejarah Batik Megamendung , Akulturasi Batik Cirebon
Batik Mega Mendung di tangan desainer Malaysia
7 Artis Indonesia yang beralih keyakinan
7 Presenter Berita Cantik MetroTV
Berburu Batik Trusmi hingga Nasi Jamblang di Cirebon
BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU
Perbedaan batik tulis, batik cap dan batik printing
Benarkah Minyak Ikan Membuat Anak Cerdas?
Daun buatan yang menghasilkan Listrik
7 Cara Hidup Sehat Tanpa Biaya
Foto – foto cantik Sasha Grey

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

About these ads

1 Comment »

  1. Yang pertama adalah teknik pewarnaan dengan menggunakan untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia sebagai keseluruhan serta pengembangan dan budaya yang terkait oleh telah ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak .

    Comment by offshore banking — 08/05/2011 @ 13:33 | Reply


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: