Hanya sekadar berbagi pengetahuan

09/06/2011

Motif Lembuswana Andalan Batik Kutai

Tahukah Anda, kini di Kutai Kartanegara (Kukar) juga terdapat pendesain batik khas Kutai. Dialah Yuni Fitriani, yang membuat inovasi batik bermotif kearifan lokal Kukar yang dinamakannya dengan Batik Kutai Ampik Gerecek.

Berawal dari kecintaannya pada ragam jenis kain yang memiliki keindahan motif dan warna, Yuni berupaya menuangkan ragam hias dan warna yang menjadi ciri khas masyarak Kutai pada media kain. “Upaya menuangkan kembali motif dan identitas masyarakat Kutai ini masih dalam tahap awal. Karena saat ini kami masih terus melakukan studi literatur dan melakukan pendekatan wawancara,” ujarnya.

lembuswana

Dikatakanya dalam  upaya awal itu tentunya masih jauh dari kesempurnaan, namun niatan dirinya untuk melestarikan dan mengangkat kembali ragam hias dan warna yang menjadi ciri khas  Kutai dapat menjadi langkah awal yang bisa membanggakan Kukar.

Di antara sekian ragam motif batik buatannya, yang menjadi andalan Yuni adalah motif Lembuswana dan motif Pesut Semayang. Perlu diketahui, Lembuswana merupakan salah satu icon atau lambang Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dengan warna kuning ke emasan Lembuswana tersebut dilukiskan diatas kain katun berwarna dasar hitam, di sekeliling gambar Lembuswana itu dihiasi gambar motif daun yang melambangkan hutan Kalimantan menjadikan batik tersebut lebih indah.

Sedangkan pada motif Pesut Semayang, aneka warnanya lebih beragam. Pesut yang hanya ada di sungai Mahakam yang terhubung dengan danau Semayang Kecamatan Kota Bangun dilukiskan dengan warna merah cerah. Pesut dalam batik Gerecek itu digambarkan dua ekor yang sedang bermain di Danau Semayang, sehingga menimbulkan buih-buih yang dilukis beraneka warna.

Dirinya berharap partisipasi semua pihak untuk memperkaya motif batik Kutai, dengan cara memberi masukan berupa literatur, foto, maupun saran.  “Untuk mengembangkan motif Kutai ini, kami memerlukan saran dan literatur,” harapnya

http://www.kaltimpost.co.id

===================

Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Mega Mendung Sang Gubernur Jabar

Batik Tulis Mega Mendung Merah

Kekayaan ragam batik Sunda

7 Cara sederhana untuk menjadi langsing

Batik Kahuripan , motif batik dari Purwakarta

Makna motif batik bojonegoro

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

 

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: