Hanya sekadar berbagi pengetahuan

11/09/2011

Mau Membeli Emas? Ini Dia 7 Tips Sebelum Membeli Emas

investasi emas, emas batangan, emas koin,emasMau Membeli Emas? Ini Dia 7 Tips Sebelum Membeli Emas. Bila anda ingin emas sebagai investasi pilihlah emas batangan atau kin, tapi bila emas anda jadikan sebagai koleksi atau untuk berjaga-jaga dalam keadaan darurat pilihlah dalam berupa perhiasan. Berukut 7 Tips Sebelum Membeli Emas seperti dikutip detik

1. Tujuan Dalam Membeli Emas?

Tips Sebelum Membeli  Emas pertama adalah tujuan anda dalam membeli emas. Emas batangan atau koin, merupakan pilihan baik kalau anda ingin menjadikan emas sebagai investasi, hal ini karena emas model ini hampir selalu naik harganya. Emas dalam bentuk perhiasan bisa dijadikan pilihan bila anda menginginkan emas hanya sebagai tabungan darurat atau untuk koleksi. Pilihlah emas dalam kadar karat tinggi, karena lebih mengkilap dan kemilaunya terjaga baik. Dan untuk menjadi pertimbangan, emas dalam perhiasan apabila dijual kembali akan ada pemotongan untuk biaya pembuatan jadi harga jual akan kurang dari harga beli

2. Cek Selalu Harga Emas Sebelum Membeli

Tips Sebelum Membeli  Emas berikutnya adalah Cek Selalu Harga Emas Sebelum Membeli. Bukalah situs-situs yang mengkhususkan dirinya untuk hal ini seperti logammulia.com, pegadaian.co.id atau harga-emas.com. PT. Antam melalui situs logammulia.com bahkan mengumumkan harga emas dua kali dalam sehari. Harga emas yang diumumkan oleh PT. Antam itulah yang menjadi patokan harga emas nasional.

3. Perhatikan Tempat Membeli Emas

Tips Sebelum Membeli  Emas yang tidak kalah pentingnya adalahcincin emas penentuan dalam tempat membeli emas. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi baik dan jelas. Hal ini berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang baik. Perhatikan harga jual kembali, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah PT. Antam atau Pegadaian.

4. Perhatikan Keadaan Fisik Emas

Tips Sebelum Membeli  Emas keempat adlah pemilihan emas, pilihlah emas yang tampilannya bersih tanpa noda hijau di pori-porinya. Noda hijau di pori-pori emas karena emas tersebut belum dicuci dengan benar dan masih meninggalkan sisa kimia sehingga bisa menyebabkan alergi.
Bila emas yang dibeli dalam bentuk perhiasan, periksalah dengan baik apakah ada goresan, cekungan maupun cacat lainnya. Hal ini karena saat menjual nanti dapat mempengaruhi harga jual.

5. Pahamilah Tanya Kadar Kemurnian Emas

kalung emasTips Sebelum Membeli  Emas berikutnya adalah mengerti tentang kadar kemurnian emas. Menurut harga-emas.com, standar internasional kadar kemurnian emas adalah sebagai berikut:
– Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%)
– Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3% (biasanya bahan perak)
– Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas
– Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas
– Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas
– Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas
Emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas

Di Indonesia, standar kadar emas di toko emas agak berbeda. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya.

6. Simpanlah Emas dan Surat dengan Baik

Tips Sebelum Membeli  Emas yang tidak kalah penting adalah menyimpan emas dan surat dengan baik. Jika emas yang akan disimpan tidak terlalu banyak, simpanlah menggunakan brangkas pribadi, lebih baik bila beserta surat2nya. Tetapi bila jumlah emas banyaknya lebih dari 1 kg, akan lebih aman bila disimpan di kotak deposit bank. Selain lebih aman dan terjamin, biaya penyimpandi deposit box pun tidak terlalu mahal.

7. Emas Bisa Untuk  Jaminan

Emas yang dimiliki bisa menjadi jaminan yang baik untuk memperoleh uang saat keadaan finansial sulit. Bawalah ke pegadaian dan jaminkanlah, emas tersebut bisa ditebus kembali setelah Anda mempunyai uang. Dalam hal ini emas lebih baik digadaikan, bukan dijual, karena jika Anda membeli emas baru dengan ukuran dan kadar yang sama, belum tentu harganya pun sama.

Semoga Bermanfaat

===================

Artikel LAinnya

Motif batik cirebon

Tips Merawat Batik Anda

7 Presenter Cantik TVone

7 Cara Hidup Sehat Tanpa Biaya

Foto – foto cantik Sasha Grey

Batik Kahuripan , motif batik dari Purwakarta

Panjang Penis dari berbagai Negara

Tips Mengais Rejeki di Internet ala Onno W. Purbo

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: