Foto-foto Bagian Tersembunyi Planet Merkurius Terkirim

Foto-foto yang merekam bagian tersembunyi Planet Merkurius akhirnya terkirim sehari setelah wahana antariksa Messenger milik badan Antariksa AS (NASA) terbang mendekatinya. Dengan foto-foto tersebut, para ilmuwan berharap dapat mengungkap lebih jauh planet terdekat dengan Matahari itu.
Messenger terbang dalam jarak terdekat pada jarak sekitar 200 kilometer dari Planet Merkurius, Senin (7/10), untuk kedua kalinya dari tiga kali misi serupa. Citra awal yang diterima memperlihatkan pemandangan kawasan yang luas di sebelah timur.
Para peneliti berharap akan memanfaatkan citra tersebut untuk memetakan permukaan Merkurius. Diharapkan dapat diperoleh foto dengan jumlah hampir 1.200 lembar dari terbang lintas itu.
Misi pertama telah dilakukan awal tahun ini dan misi ketiga tahun depan. Data dari terbang lintas pertama Messenger pada Januari lalu memperlihatkan aliran lava yang besar telah membentuk planet itu dan memberikan informasi pertama mengenai 20 persen permukaan Merkurius.
Selain memotret kawasan yang masih asing, terbang dekat Merkurius juga dirancang untuk mendapatkan dorongan gravitasi bagi Messenger untuk melenting. Wahana antariksa itu akan masuk orbit Merkurius pada 2011 agar dapat memberikan gambaran paling detail mengenai planet tersebut.

sumber: kompas

foto foto lainnya dapat dilihat disini

main fly1
main fly1

main_flyby2
main fly2

main_fly
main_fly

main_north
main_north

4 thoughts on “Foto-foto Bagian Tersembunyi Planet Merkurius Terkirim”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s