Eksotika Batik Cirebon

Bercorak tradisional, agresif, dan sedikit warna. Begitulah batik Cirebon. Cokelat, hitam, dan krem adalah warnanya yang kental. Ragam motifnya pun menawan. Dari Singa Wadas, Mega Mendung, Paksi Naga Liman, Kilingan, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Barong, Ayam Alas, Sawat Penganten, Kaatewono, hingga Gunung Giwur.

Batik Wayang

Semua tergelar dalam peluncuran Pusat iklan batik mega mendungPelatihan Batik Keraton Kanoman di Cirebon yang disaksikan Kanjeng Ratu Sultan Muhammad Emirudin, Sultan Kanoman XII. Peluncuran ini disokong Bank Rakyat Indonesia lewat program kartu kredit platinumnya.

Keraton Kanoman Cirebon, yang berdiri sejak 1872 dan memiliki luas 7 hektare, memang menyimpan pesona tak hanya sebatas keindahan arsitektur. Di sini terukir keindahan batik dengan motif-motifnya yang sarat makna sejarah.

“Batik Keraton Kanoman merupakan warisan budaya yang bernilai historis dan budaya tinggi yang patut dilestarikan. Keindahannya menjadi salah satu kebanggaan Indonesia yang harus dijaga. Program ini adalah saat tepat menjaga serta melestarikan warisan adiluhung Tanah Air,” kata Muhammad Helmy, General Manager Produk Kartu Kredit BRI.

BRI juga mengusung ikon batik, Christine Hakim. Kehadiran aktris senior itu untuk memberikan dukungan kepada peserta pusat pelatihan. “Batik Kanoman Cirebonan sangat eksotis, tak kalah dengan batik daerah lain. Hanya karena persoalan internal keraton mempengaruhi perkembangan batiknya,” kata Christine bernada prihatin.batik cirebon, batik murah, finubatik, http://finubatik.blogspot.comAdapun motor penggerak pusat pelatihan adalah Perkumpulan Nurani Budaya Indonesia. Menurut ketuanya, William Kwan, kegiatan ini menghimpun 20 peserta terpilih yang dilatih secara gratis. Masyarakat di sekitar kawasan keraton diajak serta mengembangkan dan mempopulerkan corak dan motif-motifnya hingga ke kancah internasional.

Mega Mendung

Jumlah peserta akan terus bertambah. “Yang utama, kegiatan ini untuk mengenalkan eksotisnya batik Keraton Kanoman Cirebon yang mulai pudar. Maka masyarakat di sini punya tanggung jawab melestarikan warisan yang tidak ternilai ini,” ucapnya  Dia dibantu Katura, pemilik bengkel batik yang tersohor di Kota Udang itu.

Katura punya jam terbang tinggi dan termasuk kawakan soal batik kota kelahirannya. Menurut dia, para konsumen senang batik Keraton yang dianggap memiliki corak yang menonjolkan wajah tradisional. Pria yang sudah membatik sejak SD itu menyebut batik Cirebonan–dikenal dengan nama batik Trusmi–coraknya lain dengan batik asal Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan kota-kota batik lainnya.

Batik Solo atau Yogyakarta cenderung pada keagungan dan keluwesan sehingga bentuknya halus dan indah. Batik Pekalongan memiliki corak banyak warna dengan variasi sedemikian rupa sehingga membentuk daya tarik yang indah dan menarik.

Selain corak tradisional, batik Cirebon memiliki sisi unik karena beberapa motif diambil dari falsafah hidup masyarakat lokal. “Bahkan ada juga pengaruh dari Cina, berupa motif ular naga dan burung,” tutur Katura. Corak batik Cirebon pun memiliki warna merah, biru, ungu, dan keemasan.

Pesona batik Cirebon, diakui Katura, desainnya bernuansa klasik tradisional

Paksi Naga Liman

dan setia mengikutsertakan motif wadasan (batu cadas) pada bagian-bagian tertentu. Lalu unsur ragam mega di bagian-bagian yang disesuaikan dengan motif utama. “Batik Cirebonan klasik tradisional selalu bercirikan memiliki warna pada bagian latar (dasar kain) lebih muda dibanding warna garis pada motif utamanya.”

Pria pengoleksi sejumlah batik berumur ratusan tahun itu menambahkan, kini terjadi pergeseran proses batik seiring dengan ditemukannya berbagai zat kimia yang membantu proses pewarnaan dan pencelupan. Dulu para perajin banyak memanfaatkan zat pewarna alam. Zat jenis ini warnanya tahan lebih lama dan ramah lingkungan. Kekurangannya, sulit dalam proses pembuatannya dan terbatas menghasilkan variasi warna.

sumber berita = http://www.tempointeraktif.com/

======================================================
batik cirebon, batik murah, finubatik
artikel terkait

Motif batik cirebon

7 Presenter Cantik TVone

Mega Mendung Sang Gubernur Jabar

“Mega Mendung” gaun Qory Sandioriva di Miss Universe

Batik Mega Mendung di tangan desainer Malaysia

Artis Indonesia yang beralih keyakinan

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

batik cirebon, batik murah, finubatik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s