Galeri Gancedo di Madrid Memamerkan Batik Indonesia

Salah satu galeri kenamaan di Madrid, Gancedo, memamerkan Batik pada 10 Februari hingga 5 Maret 2011. Pameran bertema “Una Vida en Batik” (Kehidupan dalam Batik) menampilkan penggunaan setiap motif batik disesuaikan tahapan kehidupan manusia sejak dalam kandungan, kelahiran, masa kanak-kanak, pernikahan hingga kematian.

Pameran batik ini merupakan hasil kerjasama antara KBRI Madrid dengan Tapiceria Gancedo, Pemda Barcelona, Museum Tekstil dan Mode di Catalunya. Sekitar 200 orang undangan hadir dalam acara pembukaan pameran batik itu.

Para undangan dan pengunjung berasal dari berbagai kalangan, mereka diantaranya adalah diplomat asing, pejabat Spanyol, perancang mode, komunitas seni dan media massa. Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Ibu Adiyatwidi Adiwoso A., dalam sambutannya menyatakan bahwa ciri khas dari metode pembuatan batik adalah melalui goresan tangan, proses membatik butuh kesabaran dan ketenangan jiwa sang pembuatnya, setiap goresan dengan motif tertentu memiliki makna sangat dalam. Umumnya motif batik mencerminkan doa dan harapan dari pemakai. Batik merupakan salah satu cerminan jiwa dan kebudayaan bangsa sehingga UNESCO mendeklarasikan batik Indonesia sebagai warisan dunia pada 2 Oktober 2009.

Selain penampilan beragam kain batik, juga ditata secara indah berbagai informasi tentang batik dan jenis pembuatannya. Dalam pembukaan pameran, para undangan berkesempatan untuk melihat demo batik, menikmati gamelan Jawa dan kudapan khas Indonesia, yang menambah semarak acara pembukaan tersebut.

Lebih lanjut Dubes RI menekankan bahwa pameran ini dapat diselenggarakan berkat adanya keinginan untuk saling mengenal dan meningkatkan hubungan budaya, yang pada akhirnya akan semakin mendekatkan kedua bangsa.

Atas prakarsa seorang antropolog Spanyol, Carlos Bayen, koleksi batik ini sebelumnya telah dipamerkan di Barcelona selama 3 bulan pada tahun 2010. Bayen memang memiliki hubungan dekat dengan kalangan Kesultanan Yogyakarta.

http://www.maiwanews.com/

=======================================
Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

Batik

Sejarah Batik Megamendung , Akulturasi Batik Cirebon

Batik Mega Mendung di tangan desainer Malaysia

“Mega Mendung” gaun Qory Sandioriva di Miss Universe

7 Presenter Cantik TVone

Mega Mendung Sang Gubernur Jabar

Kendaraan Tercepat di Bumi

BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU

Batik Tulis Mega Mendung Merah

Benarkah Minyak Ikan Membuat Anak Cerdas?

Manusia punya kerabat di Mars

7 Cara Terhindar dari Diabetes

Foto – foto cantik Sasha Grey

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s