Batik Tulungagung dipasarkan di Timur Tengah

Batik Tulungagung, Jawa Timur  yang dikenal dengan Baronggung, kini mulai dilirik pengusaha timur tengah. Adalah pengusaha asal Arab Saudi Talal Omar Al Yafee yang berniat memasarkan baronggung ke tanah kelahirannya.

motif baronggung

Melalui penerjemahnya, saat ditemui di galeri Baronggung, Desa Mojosari, Kecamatan Kauman, Tulungagung, Talal mengatakan, dirinya  penggemar batik. Namun kegilaannya pada batik kian menjadi, setelah adanya pengakuan dari UNESCO. Secara khusus Talal pun mengungkapkan kekagumannya pada Baronggung, lantaran mempunyai variasi warna yang lebih beragam. Terutama warna-warna yang ngejreng atau mencolok.

Talal menambahkan, dirinya mempunyai galeri di Arab Saudi. Kini dirinya tengah melakukan upaya agar Baronggung menjadi salah satu barang dagangan di galerinya. “Batik menurut saya menjadi semacam barang antik. Saya yakin pasti akan banyak peminat Baronggung di sana (Arab Saudi),” katanya.

Suswanti Anies, pemilik usaha batik dan galeri Baronggung mengatakan, Talal menjadi pengusaha luar negeri pertama yang menyatakan ketertarikannya pada Baronggung. Anie mengaku bersyukur, sebab selama ini pemasaran produknya hanya di wilayah Jawa Timur. Jika pun ada dari luar Jawa Timur hanyalah para kolektor, dan jumlahnya pun tidak banyak. “Semoga kerja sama dengan pak Talal jadi, dan Baronggung bisa dijual di Arab Saudi,” katanya.

Untuk memenuhi selera pasar yang terus berkembang, Suswanti mengaku terus menambah variasi batiknya. Setidaknya kini sudah ada 300 jenis pola batik yang dibuat dengan cara dicap, disablon maupun digambar pakai tangan. Pola-pola tersebut bisa dibuat beragam variasi warna, sesuai dengan keinginan konsumen.

Khusus memasuki ramadhan ini, kini perusahaan batik milik Suswanti kebanjiran order. Bahkan Suswanti menyebut, terjadi kenaikan produksi hingga 50 persen. “Biasanya batik dipakai untuk sovenir saat lebaran. Makanya pesanan mulai masuk sekarang ini,” pungkas Suswanti

http://www.poskota.co.id/

====================================

Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

Sejarah Batik Megamendung , Akulturasi Batik Cirebon

Tips Merawat Batik Anda

7 Artis Indonesia yang beralih keyakinan

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Mega Mendung Sang Gubernur Jabar

Eksotika Batik Cirebon

Batik Tulis Mega Mendung Merah

Lerak sebagai pencuci batik alami

7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Batik Fraktal Indonesia Pun Diincar Malaysia

7 fakta unik tentang bercinta

Foto – foto cantik Sasha Grey

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s