Yuukk, Kenalan dengan Batik Cianjur!

Batik khas Cianjur sudah lama dikenal keberadannya. Seiring waktu dan zaman, teknik serta corak batik khas ini terus dikembangkan.

SECARA Historis, batik sudah ada sejak zaman nenek moyang  yakni abad 17. Waktu itu, batik ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Lalu dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan. Yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.

Motif padi / motif beasan cianjur

Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang dikenal sekarang ini.Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, Tetapi corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam.

Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu.
Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari,  pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional Indonesia. Sekarang ini kata batik sudah banyak dikenal di luar negeri.

Sejarah keberadaan batik khas Cianjur sendiri, ada sejak tahun 1920. Ketika itu, pernah ada pengrajin batik yang berada di Kelurahan Bojongherang dan kain Poleng yang terkenal di daerah Sindanglaka, Karangtengah.  Selama tahun ke tahun,  penelusuran keberadaan serta ciri-cirinya sulit didapat dengan jelas. Sedikit gambaran dari generasi itu hanya didapat gambaran bentuk yang ada dan tertera dibatik. Yaitu gambar dan bentuk “Kumeli“.

motif batik cianjur, kembang contreng

Sedangkan kumeli yang dimaksud tidak dapat disebutkan dengan jelas apakah kumeli itu menggambarkan umbi jalar, kentang (jenis buah/akar-akaran dalam bahasa Sunda disebut “Beubeutian”.  Masyarakat yang memahami atau setidaknya mengetahui akan hal tersebut pada umumnya telah tiada. Ini sehingga perlu dibangkitkan dan dikembangkan batik khas Cianjur.

BATIK Khas Cianjur menjadi harapan dan keinginan semua pihak dalam mewujudkan tatanan pengembangan ekonomi yang berbasis budaya lokal. Karena, bila terus ditingkatkan produksinya, tentu akan  tercipta usaha-usaha pemberdayaan ekonomi rakyat yang bisa tumbuh dengan pesat.

Kebijakan pemerintah mengenai penggunaan pakaian batik tanggal  2 di setiap bulan, merupakan kebijakan yang patut dibanggakan. Dengan begitu, selayaknya hal tersebut dilakukan pula oleh seluruh masyarakat  yang harus lebih berbangga akan kekhasan budayanya.

Batik Cianjur di sisi lain akan menjadi peluang ekonomi  atau usaha baru yang  dapat mendorong pertumbuham ekonomi, baik mikro maupun makro. Tumbuhnya sentra- sentra usaha baru baik kelompok usaha bersama (KUB) maupun perorangan, akan mendorong pendapatan dan pertambahan nilai bagi kesejahteraan masyarakatnya.

http://www.radarsukabumi.com/

======================================

Artikel LAinnya

Motif batik cirebon

Batik

Tips Merawat Batik Anda

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Foto Permukaan Planet Mars Paling Akurat

Tips Mengais Rejeki di Internet ala Onno W. Purbo

Mega Mendung Sang Gubernur Jabar

Batik dari berbagai daerah

BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU

Eksplorasi Merkurius

7 kegunaan kertas koran bekas

Perajin batik Cirebon kembangkan batik Keraton

Foto – foto cantik Sasha Grey

7 Khasiat Bunga untuk kesehatan

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s