Mitos dan Fakta Seputar Bedong Bayi

Benarkah bedong bayi bisa membahayakan? Benarkah bedong bayi merupakan teknik penting untuk bayi sehat ?Itulah kontroversi …

Cara Membedong Bayi

“Membedong bayi dengan benar-benar aman”, kata Raleigh, konsultan tidur bayi di North Carolina, demikian pula yang disarankan para ahli perawatan bayi baru lahir. “Ada orang di luar sana yang menyebarkan pesan mengenai bedong bayi yang nakut-nakutin, namun kurang bukti, data dan studi klinis” katanya. Untuk menasihati orang tua menghindari bedong adalah hal yang benar-benar tidak masuk akal.”

Membedong bayi adalah alat vital yang terbukti secara klinis untuk membuat nyaman bayi yang menangis, dan mencegah bayi baru lahir dari tidur menelungkup. Bedong bayi yang hangat mengingatkannya pada tempat yang familiar baginya: kandungan ibu. Dunia ini masih asing baginya dan saat ia dibedong ia merasa tenang dan aman, oleh karenanya bayi suka dibedong.

Dr. Harvey Karp, ahli terkemuka tentang masalah bayi tidur dan karyanya meliputi hampir empat dekade, telah lama menganjurkan bedong Bayi. Pada websitenya “Happiest Baby on Block, Karp menulis bahwa bedong bayi adalah penting untuk kesehatan masyarakat karena bayi menangis dan kelelahan itu penyebab utama pemicu orangtua depresi pasca melahirkan, SIDS, pemicu penganiayaan anak-anak seperti mengguncang bayi, pemicu kegagalan menyusui, ibu merokok, stres perkawinan, pemicu kecelakaan mobil, dan over-diagnosis dan pemicu perawatan penyakit bayi.

American Academy of Pediatrics juga telah menganjurkan bedong bayi berkali-kali dan juga menulis tentang manfaat bedong bayi pada berbagai kesempatan. Bedong bayi adalah kunci untuk membuat bayi dan orangtuanya tidur baik di malam hari. Biasanya hanya beberapa kali bayi terbangun di malam hari karena haus untuk minum ASI, setelah kenyang dan dibedong, ia dapat tidur kembali.

“Mengingat jutaan orang yang telah mengunakan bedong bayi yang baru lahir setiap malam dan setiap hari, jika suatu teori anti bedong bayi benar berbahaya, seharusnya akan ada secara harfiah ribuan melaporkan kejadian berbahaya tersebut selama bertahun-tahun, dan ternyata tidak ada”, kata Michael Gatten, CEO dan Pendiri Miracle Industries, LLC, pembuat produk bedong bayi terkemuka.

Sebagai contoh informasi yang keliru tersebut, istilah “bedong bayi” sedang dieksploitasi dan tidak sah diterapkan pada berbagai barang seperti selimut anti longgar atau barang lainnya yang bukan bedong bayi untuk membuktikan penggunaan studi klinisnya untuk mempromosikan penjualan.

BEDONG BAYI MITOS ATAU FAKTA?

MITOS: Sebuah selimut atau kantung tidur lainnya lebih baik untuk membantu bayi tidur.

FAKTA: Daripada menyelimuti bayi, penelitian kedokteran menunjukkan manfaat yang luar biasa untuk membedong bayi dengan nyaman agar ia merasa hangat dan tidur pulas, mencegah bayi menggerakan tubuhnya sehingga tidur tengkurap (yang bisa membuat ia tidak bisa bernafas).

MITOS: Bayi perlu tangan mereka bebas untuk menenangkan diri sendiri, mengembangkan keterampilan motorik, dan untuk menggerak-gerakkan lengan mereka jika mereka dalam kesulitan.

FAKTA: Bayi tidak cukup terkoordinasi untuk melatih keterampilan motorik atau menenangkan diri sendiri sampai 14 minggu pertama. Bedong adalah pengganti selama waktu ini untuk membatasi gerak refleks, sehingga mencegah gerakan mengejutkan yang tidak diinginkan dan wajah tergores.

MITOS: Bedong bayi dapat mengganggu ekspansi paru-paru, berkontribusi beresiko mati lemas.

FAKTA: Penelitian bedong bayi telah menunjukkan bahwa bedong bayi tidak menghambat penyerapan oksigen oleh paru-paru atau mengganggu pernafasan. Dan, tidak ada insiden mati lemas karena bedong yang pernah dilaporkan.

http://erabaru.net/

=======================

Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Eksotika Batik Cirebon

Batik Tulis Mega Mendung Merah

Manusia punya kerabat di Mars

7 Fakta seputar tentang Sperma

7 Khasiat Bunga untuk kesehatan

7 Fantasi Seks Terumum Para Pria

Panjang Penis dari berbagai Negara

Batik Tulis Mega Mendung Ungu

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s