Tahukah Anda 7 Hal Kesalahan Menyikat Gigi?

Tahukah anda 7 hal kesalahan saat menyikat gigi ?. Nafas yang segar, gigi yang putih dan sehat adalah hal yang diharapkan setelah menyikat gigi.. Tapi sudahkah Anda sudah menyikat gigi secara benar dan melakukannya pada waktu yang tepat? Berikut 7 kesalahan menyikat gigi yang umum dilakukan seperti dikutip MI:

sikat gigi
menyikat gigi

1. Salah waktu dalam menyikat gigi

Cukup sikat gigi 2x sehari atau paling banyak 3x sehari. Menyikat gigi terlalu sering dapat merusak gusi Anda. Waktu menyikat gigi yang baik adalah sebelum tidur hal ini untuk menyingkirkan bakteri di mulut sehingga tidak menyerang gigi dalam semalam. Pada pagi hari, sikatlah gigi sebelum sarapan untuk menghilangkan bakteri dan plak yang menumpuk semalaman.

2. Terlalu lama atau terlalu singkat dalam menyikat gigi

Idealnya menyikat gigi adalah 2 hingga 3 menit. Bila kurang dari itu gigi anda kurang dibersihkan dengan benar. Jangan terlalu lama menyikat gigi karena dapat mengiritasi gusi.

3. Meludah setelah sikat gigi

Suatu kesalahan dalam menyikat gigi adalah meludah setelah menyikat gigi. Rasa pasta gigi membantu mencegah kerusakan gigi dengan proses kimia menghambat bakteri plak. Meludah akan mengurangi khasiat pasta gigi.

4. Membilas sikat gigi sembarangan

Membilas sikat gigi sembarangan menyebabkan bakteri tumbuh pesat dalam sikat gigi. Bilaslah sikat gigi sebelum dan setelah digunakan. Ini juga akan menghapus pasta gigi yang mungkin tertinggal di bulu sikat. Setelah membilas sikat, kibaskan sikat gigi karena bulu yang lembap merupakan tempat berkembang biak bakteri. Akan lebih baik bila sikat gigi anda dilengkapai helm bulu sikat.

5. Menyikat gigi dengan cara yang salah

Menyikat gigi dengan cara yang salah merupakan salah satu kesalahan dalam menyikat gigi. Cara terbaik yang disarankan untuk menggosok gigi yakni dengan arah horisontal di sepanjang gusi. Arahkan sikat 45 derajat terhadap garis gusi Anda dan bergerak melingkar kecil pada permukaan setiap gigi. Sikat permukaan luar dari setiap gigi, atas dan bawah. Untuk membersihkan permukaan gigi bagian depan, miringkan sikat secara vertikal dan membuat gerakan lingkaran kecil. Akhirnya, sikat lidah Anda. Ini akan menghilangkan bakteri dari permukaan serta menyegarkan napas.

6. Masih dipakainya sikat gigi usang

Masih dipakainya sikat gigi usang akan mengurangi keefektivitasan sikat gigi anda. Sehingga hasil dari menyikat gigi tidaklah ada. Gantilah sikat gigi 2 bulan sekali..

7. Berbagi Sikat Gigi

Jangan pernah sekali2 berbagi sikat gigi, selain tidak higienis penyebaran penyakit juga lebih terbuka.

====================

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s