7 Tips Menghadapi Asam Urat

Asam Urat

7 Tips Menghadapi Asam Urat  berikut semoga berguna bagi penderita asam urat. Asam urat memiliki tanda-tanda mirip artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini. Berikut 7 Tips Menghadapi Asam Urat dikutip dari kompas:

1.   Konsumsi makanan rendah purin

Tips Menghadapi Asam Urat adalah dengan konsumsi makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar asam urat dalam darah.

2.  Menerapkan pola makan sehat seimbang

Tips Menghadapi Asam Urat adalah menerapkan pola makan sehat seimbang. Pilihlah karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.

3.   Memanfaatkan herbal alami.

Tips Menghadapi Asam Urat dengan memanfaatkan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus arvensis)  memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi.

4.   Minumlah teh dan kopi.

Tips Menghadapi Asam Urat adalah dengan minum the dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko asam urat pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum empat cangkir kopi per hari, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 persen lebih.

5.    Menghindari makanan tinggi purin.

Tips Menghadapi Asam Urat bisa dengan menghindari makanan tinggi purin. Makanan tinggi purin adalah ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol.

 6.   Berolahraga teratur.

Tips Menghadapi Asam Urat yaitu dengan berolahraga secara teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.

7.   Banyaklah minum air putih.

Tips Menghadapi Asam Urat adalah dengan banyak minum air putih. Minumlah delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s