Batik Bomba, batik khas dari Palu

BATIK BOMBAPengrajin batik Bomba sudah ada sekitar puluhan pengrajin. Bangkitnya pengrajin batik tersebut setelah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tengah bekerjasama pemerintah daerah setempat mendatangkan instruktur batik dari Pekalongan pada Agustus 2008. Saat itulah semangat para pembatik di daerah ini tumbuh karena sudah menemukan teknologi pewarnaan yang tidak luntur.

Pemerintah daerah masih terus mempopulerkan batik iklan batik mega mendungBomba sebagai batik khas Kota Palu sehingga melekat di setiap kepala masyarakat bahwa batik Bomba layak dan pantas dijadikan tandamata kepada siapa saja yang datang ke daerah ini.

Wakil Wali Kota Palu, Mulhanan Tombolotutu optimistis batik Bomba akan membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku di bidangnya karena batik Bomba kini sudah cukup dikenal luas di kalangan masyarakat setempat.

Dia mengatakan kualitas industri ini tidak kalah dengan produk batik lainnya dari pulau Jawa karena para pengrajin selalu melakukan perbaikan mutu produksinya baik dari sisi motif maupun warnanya.

Berbagai upaya telah dilakukan agar batik ini merakyat di tengah masyarakat. Pemerintah provinsi bahkan telah mengeluarkan edaran penggunaan batik pada hari tertentu kepada seluruh pegawai negeri sipil di kabupaten/kota.
Dengan adanya surat edaran tersebut berimbas pada meningkatnya permintaan akan batik Bomba.

Pemerintah daerah juga terus mengkampanyekan cinta batik Bomba melalui berbagai kegiatan seperti fashion show dan ajang pameran produk lainnya.

Motif paling banyak disenangi konsumen adalah bunga cengkeh dan “sambulugana”. “Sambulugana” adalah satu paket tumbuhan antara lain pinang dan siri. “Sambulugana” biasanya sebagai pelengkap adat peminangan bagi masyarakat Kaili di Palu. Peminangan dianggap kurang lengkap rasanya jika tidak ada “sambulugana”.

Salah seorang pengrajin batik , Ahdin mengatakan, saat ini usahanya sudah menyediakan 30 motif batik yang sebagian besar diambil dari nilai-nilai kebudayaan lokal dan khas seperti “sambulugana” dan rumah adat (souraja), tai ganja, motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili.

Sementara jenis kainnya masih diambil dari pekalongan seperti jenis kain dobi, primis cap kereta dan simboris.

Ahdin mengatakan, alat cetakan batik miliknya masih sederhana. Sekali membantik kata dia, hanya mampu memproduksi dua meter. Dirinya berencana mengembangkan usaha tersebut, namun masih terkendala modal.

http://www.antaranews.com/
batik cirebon, batik murah, finubatik
=================================================
Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

7 Presenter Cantik TVone

Eksotika Batik Cirebon

Batik Mega Mendung Ungu kecil

BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU

Motif Batik kompeni, Motif Batik Khas Cirebon

Batik Tulis Mega Mendung Biru Dongker

Batik Tulis Mega Mendung Ungu Putih

Batik Printing Mega Mendung Hijau

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

2 thoughts on “Batik Bomba, batik khas dari Palu”

  1. Perlu diketahui bahwa batik bomba telah hadir dengan pesat dan telah menjadi kebanggaan warga sulawesi tengah dimana batik bomba ini untuk mengantisipasi dan menghambat semakin membanjirnya ragam batik dari luar daerah. Dengan hadirnya BATIK BOMBA setidaknya mengingatkan akaan budaya dan alam sulawesi tengah sendiri. Kadang orang salah mengartikan dan menganggap bahwa batik bomba membuat perajin tenun tdk berkembang , pandangan itu SALAH BESAR justru dengan adanya batik bomba dimana motif atau corak yg tdk bisa dibuat
    di tenun bisa di buat di kain batik, mestinya kita semua justru perlu khawatir hampir smua pasar dan mol dibanjari batik dari jawa, dan saad sekatang baru PABRIK BATIK BOMBA yang ads di jl.KEDONDONG no. 5 palu barat dan di jl. TERONG ( palola) no 15 palu barat yang mana telah siap mengantisipasi karena ditempat itulah pabrik batik terbesar disulawesi tengah. Pabrik tersebut dibawah binaan DEKRANASDA dan DISKUMPERINDAG PROP.SULAWESI TENGAH. Jadi marilah kita kembangkan bersama semua UKM baik para pembatik dan penenun semua ada pangsa pasarnya sendiri. Perlu diketahui juga bahwa pabrik batik bomba yg ada di jl. KEDONDONG no 5 dan jl. TERONG no. 15 telah bekerja sama dengan perajin tenun dr watusampo untuk membuat produksi bersama. By btk bmb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s