Mau Luka Cepat Sembuh? Ini tipsnya

Nutrisi Mempercepat Penyembuhan Luka berikut bisa mempercepat proses penyembuhan luka, meski tergantung pula pada keparahan dari luka yang dialami.

Berikut Nutrisi Mempercepat Penyembuhan Luka dikutip dari detik :

1. Vitamin C

Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam produksi kolagen, serta mencegah pecahnya luka-luka yang sudah sembuh. Sumbernya bisa dari tomat, paprika, kentang, bayam, jeruk, strawberry, brokoli, kol dan kembang kol.

2. Vitamin A

Perannya adalah mempromosikan sintesis kolagen dan diferensiasi fibroblast serta mengendalikan infeksi. Sumbernya dari sayuran berdaun hijau, buah-buahan berwarna kuning dan orange, produk susu yang sudah difortifikasi serta hati hewan.

3. Vitamin K

Pembekuan darah adalah fase pertama dari proses penyembuhan luka, dan vitamin K berperan besar dalam proses ini. Vitamin K bersama kalsium menghasilkan trombin (agen utama pembekuan tubuh). Sumbernya dari sayuran berdaun hijau, brokoli, anggur, alpukat dan kiwi.

4. Zinc

Bayam sumber zinc

Zinc membantu berbagai jenis enzim di tubuh untuk melaksanakan fungsinya, karena banyak enzim yang terlibat dalam penyembuhan luka terutama produksi kolagen. Selain itu membantu proses pembelahan sel yang memungkinkan tubuh menggunakan protein tertentu. Sumbernya dari seafood, domba, daging merah, sereal. asparagus, sawi, kacang polong, miso dan biji wijen.

5. Zat besi

Dalam proses sintesis kolagen, zat besi diperlukan untuk hidroksilasi proline dan lisin. Jika orang kekurangan zat besi (anemia) akan mengganggu penyembuhan luka. Sumbernya bisa dari kunyit, kacang panjang, aspragaus, tahu, jamur shiitake, bayam, daun bawang, rumput laut, daging sapi dan rusa.

6. Tembaga (copper)

Tembaga membantu enzim lysyl oxidase untuk memproduksi kolagen dan elastin yang berfungsi mempromosikan penyembuhan luka agar lebih cepat. Sumbernya dari tomat, kentang, kacang hijau, jahe, sawi, terong, asparagus, biji bunga matahari, peppermint, lobak, jamur crimini dan tempe.

===============================================

batik cirebon, batik murah, finubatik

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

2036 Asteroid menabrak Bumi

7 kegunaan kertas koran bekas

Ganja akan Dipakai untuk obat Epilepsi

7 manfaat berjalan kaki

7 Fakta seputar tentang Sperma

7 Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan

Kain Batik Mega Mendung Abu2 Biru

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

One thought on “Mau Luka Cepat Sembuh? Ini tipsnya”

  1. Terimakasih atas tips tentang mempercepat penyembuhan luka. Tahukah Anda bahwa getah adenium juga mempercepat sembuhnya luka baru ? Silakan kunjungi blog saya tentang obat2 herbal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s