Gelar Sarjana

Gelar sarjana di Indonesia

Di Indonesia, gelar sarjana diatur oleh senat perguruan tinggi dan ditulis di belakang nama

yang berhak dengan mencantumkan huruf S diikuti inisial bidang studi.

Gelar sarjana yang ada di Indonesia antara lain

* Sarjana Arsitektur (S.Ars.)

* Sarjana Agama (S.Ag.)

* Sarjana Ekonomi (S.E.)

* Sarjana Farmasi (S.Farm.)

* Sarjana Filsafat (S.Fil.)

* Sarjana Hukum (S.H.)

* Sarjana Hukum Islam (S.H.I.)

* Sarjana Humaniora (S.Hum.)

* Sarjana Ilmu Alam – Fisika, Biologi, Kimia, Matematika (S.Si.)

* Sarjana Ilmu Komputer (S.Komp)

* Sarjana Ilmu Politik (S.IP)

* Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (S.Sos.)

* Sarjana Kedokteran (S.Ked.)

* Sarjana Kehutanan (S.Hut.)

* Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG.)

* Sarjana Ilmu Kedokteran Hewan (S.KH)

* Sarjana Keperawatan (S.Kep.)

* Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M.)

* Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

* Sarjana Psikologi (S.Psi.)

* Sarjana Sains (S.Si.)

* Sarjana Sains Terapan (S.ST.)

* Sarjana Sosial (S.Sos.)

* Sarjana Sastra (S.S.)

* Sarjana Seni (S.Sn.)

*Sarjana Desain (S.ds)

* Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.)

* Sarjana Teknik (S.T.)

* Sarjana Theologi (S.Th.)

* Sarjana Pertanian (S.P.)

* Sarjana Peternakan (S.Pt.)

* Sarjana Perikanan (S.Pi.)

Gelar magister di Indonesia

Di Indonesia, gelar magister diatur oleh senat perguruan tinggi dan ditulis di belakang nama yang berhak dengan mencantumkan huruf M diikuti inisial bidang studi. Gelar magister yang ada di Indonesia antara lain:

• Magister Administrasi Rumah Sakit (M.A.R.S.)

• Magister Akuntansi (M.Ak.)

• Magister Arsitektur (M.Ars.)

• Magister Biomedik (M.Biomed.)

• Magister Ekonomi (M.E.)

• Magister Epidemiologi (M.Epid.)

• Magister Hukum (MH.)

• Magister Humaniora (M.Hum.)

• Magister Ilmu Gizi (M.Gizi)

• Magister Ilmu Komputer (M.Kom.)

• Magister Kedokteran Kerja (M.K.K.)

• Magister Kenotariatan (M.Kn.)

• Magister Keperawatan (M.Kep.)

• Magister Kesehatan (M.Kes.)

• Magister Kesehatan Masyarakat (M.K.M)

• Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (M.K.K.K)

• Magister Manajemen (MM)

• Magister Sains (M.Si.)

• Magister Sains Akuntansi (M.S.Ak.)

• Magister Sains Ekonomi (M.S.E.)

• Magister Sains Manajemen (M.S.M.)

• Magister Teknik (MT)

• Magister Teknologi Informasi (MTI)

Gelar doktor di Indonesia

iklan batik mega mendungDoktor (dalam Bahasa Inggris Doctor) adalah gelar akademik tingkat tertinggi yang diberikan kepada lulusan program pendidikan doktor (S3) atau postgraduate. Biasanya, pemberian gelar doktor membutuhkan pengakuan terhadap kandidat oleh dewan pengajar di universitas tempat dia belajar bahwa ia telah mencapai tingkat yang setara dengan para anggota dewan itu

Di Indonesia, gelar doktor ditulis di depan nama yang berhak dengan mencantumkan singkatan Dr

Kehormatan (Honoris causa)

Doktor kehormatan diberikan untuk penyumbangan besar bagi suatu bidang tertentu tetapi tidak harus bersifat akademik. Di Britania Raya, Australia, dan beberapa negara Persemakmuran, dibuat pembedaan antara doktor riset menjadi doktor junior (biasanya diberikan setelah menyelesaikan pelajaran dan riset pasca-sarajana antara 3-5 tahun dan penulisan tesis), dan doktor tinggi yang diberikan atas dasar riset luar biasa selama kurang lebih 10 tahun, yang dinilai melalui penelitian terhadap hasil publikasinya. Gelar doktor tinggi ini juga digunakan sebagai doktor kehormatan, namun apabila diberikan atas dasar penelitian akademik maka sifatnya bukan kehormatan.

http://id.wikipedia.org/

********************************

Artikel Lainnya

Motif batik cirebon

Mengenang lagu-lagu nasional

Download Lagu-Lagu Scorpions

7 Artis Indonesia yang beralih keyakinan

7 Presenter Berita Cantik MetroTV

Download Diner Dash full

BATIK Tulis MEGA MENDUNG HIJAU

Perbedaan batik tulis, batik cap dan batik printing

7 kegunaan kertas koran bekas

7 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Foto Earth Hour dari berbagai belahan dunia

Batik Fraktal Indonesia Pun Diincar Malaysia

Foto – foto cantik Sasha Grey

^^^^^^^^^^^^^^^^^ ARTIKEL LAINNYA^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Motif Batik Cirebon II

Motif Batik Cirebon

Megamendung Malaysia

Megamendung Qory

Mega Mendung Yukata

38 thoughts on “Gelar Sarjana”

  1. Sedikit nambahin :
    S.STP = Sarjana Sekolah Tinggi Pemerintahan (D4 lulusan STPDN/IPDN)
    S.ST = Sarjana Sains Terapan (D4 lulusan STIS)
    S.IK = Sarjana Ilmu Kepolisian (udah jelas ini mah dari mana)
    S.In = Sarjana Intelijen (D4 lulusan STIN)
    S.AB = Sarjana Administrasi Bisnis
    S.AN = Sarjana Administrasi Negara

  2. mo nanya nih,
    – bedanya MH. dengan M.Hum. apa ya?
    – manakah yang benar:
    Arie Yudian, S.H.M.Hum (tanpa koma pada gelar rangkap)
    Arie Yudian, S.H.,M.Hum? (dengan koma pada gelar rangkap)
    mohon pencerahan.. :-)

    1. apa ada ga gelar M.M.Pd. untuk S2 gimana mendapat pengakuan ga dari pemerintah solusi jawabannnya yang lelas ….saya tunggu..agus di kota sukabumi jawa barat

  3. Penulisan Sarjana Hukum Islam yang bener S.HI. atau SH.I karena di ijazah saya penulisannya SH.I. Thanks infonya

  4. untuk kelar S.ST masih belum di mengerti banyak perusahaan perusahaan besar,sebab kami kemarin melamar pekerjaan di perusahaan besar
    yang memerlukan pekerjaan level S1 atau ST atau Enginering Thenik dan kami kebetulan lulus dengan titel sarjana saint terapan itu ditolak oleh perusahaan tersebut alasan penolakan tidak sesuai dengan kritiria yang diperlukan ST bukan SST katanya lagi beda kurikulum.

    makanya pemeintah / badan yang bekompeten dalam hal tersebut /diknas atau yang lain bisa meluruskan presepsi tersebut,pada hal ada undang undang nya tentang persamaan gelar tersebut. kasihan kami lulusan D4 (SST) jadi serba tanggung melamar D3 rugi/tidak sesuai melamar S1 tidak sesuai ………….mohon komentarnya

  5. ada info sy dengr, katanya klo sarjana S.Sos terus ambil S2 dgn gelar M.Si. katanya tdk perlu lagi ditulis S.Sos langsung saja katanya M.Si sj, bgmn… apa benar atau tidak…..

  6. Mau tanya kalau Sarjana Teknik Komputer memang ada kh gelarnya, Setau Saya hanya S.Kom aja trus klo sarjana teknik komputer apa dong gelarnya …..!

  7. mau tanya kalo untuk manajemen perhotelan luar negri gelarnya apa ya? itu s1 atau d4? dari diploma bisa lanjutin ke univ jd s1 gt ?
    mohon bantuannya

  8. Saya mau tanya, bagaimanakah penulisan gelar bagi seorang S.Pd yang kemudian kuliah lagi, lulus S-2 dan mendapat gelar M.Pd (Magister Pendidikan,… bukan Magister Manajemen Pendidikan).
    Apakah menjadi (misalnya) Agus, S.Pd., M.Pd. atau cukup Agus, M.Pd. saja. Terima kasih.

  9. Cuman mau koreksi yang sarjana seni.. bukan S.Sen, tapi S.Sn..
    Sekarang nambah lagi ada sarjana desain = atau sama dengan S.ds

  10. klo menempuh S2 menejemen teknologi dan inforamsi……ntar gelarnya apa yo…????? mohon infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s